Jumat, 02 November 2012

Sejarah Islam di Indonesia

Sejarah Islam di Indonesia

A. Sejarah Islam

              islam merupakan agama termuda yang tercatat dalam sejarah, agama ini awal mula hadir dikala masa kepemimpinan nabi Muhammad SAW ( Rosululloh ) di arab. Islam mulai disiarkan sekitar tahun 612 Masehi di Mekkah. Karena penyebaran agama baru ini mendapat tantangan dari lingkungannya, nabi Muhammad SAW kemudian pindah (hijrah) ke Madinah pada tahun 622M. Dari sinilah Islam berkembang ke seluruh dunia.
 
              Namun dalam perjalanannya islam harus berduka atas wafatnya nabi Muhammad SAW, beliau wafat sekitar tahun 632M yang kemudian penyebaran islam dilanjutkan oleh para khalifah yakni para sahabat Rosululloh.
 
              Sekitar tahun 750M, wilayah Islam telah meliputi Jazirah Arab, Palestina, Afrika Utara, Irak, Suriah, Persia, Mesir, Sisilia, Spanyol, Asia Kecil, Rusia, Afganistan, dan daerah di Asia Tengah. Pada masa ini yang memerintah ialah Bani Umayyah dengan ibu kota Damaskus.
 
 
B. Masuknya Islam di Indonesia
 
              Ada beberapa polemik pendapat tetang masuknya islam di indonesia, sejarah mencatat islam telah masuk di indonesia sekitar abad ke-7 Masehi lewat jalur perdagangan dari pedagang india ( gujarat ) arab, persia, dan china lewat selat malaka Sumatra,nah... dari situlah mereka sekali menyebarkan agama islam. Namun menurut Alwi Shihab ( Mantan Menteri Luar Negri pada masa pemerintahan Gus Dur ), Islam datang ke Indonesia jauh sebelum datangnya para pedagang Gujarat. Islam datang ke Indonesia pada abad ke-7 M, masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin, pendapat ini serta merta membantah sekaligus merevisi berbagai penelitian orientalis yang selama ini sudah dianggap sebagai 'kebenaran tanpa cela', sebagimana pendapat Marcopollo, AH Jhons, Winsendt, dan Snouck Hurgronje.
 
              Sebagai bukti islam telah masuk di indonesia pada abad ke-7 yakni telah adanya perkampungan islam yang terdapat di selat malaka. Sejarah juga mencatat adanya bukti tersebarnya islam di indonesia pada abad ke-11 ditemukannya Nisan Fatimah binti Maimun di desa Leran (Gresik) Jawa Timur yang berangka tahun 1082.
 
 Tidak hanya itu, bukti islam telah tersebar di tanah air pada abad-13 :
  • Batu nisan Sultan Malik Al Saleh berangka tahun 1297.
  • Catatan Marcopolo tahun 1292 yang menyatakan bahwa penduduk Perlak telah memeluk agama Islam.
  • Catatan Ibnu Batutah tahun 1345 -1346 yang menyatakan bahwa penguasa Samudra Pasai menganut paham Syafi’i.
  • Catatan Ma Huan yang menyatakan bahwa pada abad 15 sebagian besar masyarakat di Pantai Utara Jawa Timur telah memeluk agama Islam.
  • Summa Oriental karya dari Tome Pires yang memberitahukan tentang penyebaran Islam meliputi Sumatera, Kalimantan, Jawa hingga kepulauan Maluku.
 
C. Sejarah Penyebaran Islam

Selain dari perdagangan islam juga tersebar di indonesia melalui :
  •  Pernikahan
Yakni pernikahan dari para saudagar arab dengan penduduk lokal yang sehingga ikut menganut agama islam.
  • Pendidikan ( pesantren )
Dibangunnya pendidikan-pendidikan bernuansa islami yang sekaligus  menyiarkan agama islam.
  • Seni dan Budaya
Dahulu para Wali Songo menggunakan wayang sebagai media dakwah dengan sebelumnya mewarnai wayang tersebut dengan nilai-nilai Islam. Yang menjadi ciri pengaruh Islam dalam pewayangan diajarkannya egaliterialisme yaitu kesamaan derajat manusia di hadapan Allah dengan dimasukannya tokoh-tokoh punakawam seperti Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong.
Para Wali juga menggubah lagu-lagu tradisional (daerah) dalam langgam Islami, ini berarti nasyid sudah ada di Indonesia ini sejak jaman para wali. Dalam upacara-upacara adat juga diberikan nilai-nilai Islam.
  • Tasawwuf
Kenyataan sejarah bahwa ada tarikat-tarikat di Indonesia yang menjadi jaringan penyebaran agama Islam.
 

D. Perkembangan Kerajaan Islam di indonesia

Kerajaan-kerajaan islam yang pernah ada di indonesia :
  1. Kerajaan Samudra Pasai
  2. Kerajaan Aceh
  3. Kerajaan Demak
  4. Kerajaan Pajang
  5. Kerajaan Mataram Islam
  6. Kerajaan Cirebon
  7. Kerajaan Makassar
  8. Kerajaan Ternate
  9. Kerajaan Tidore

dikutip dari beberapa sumber.



FeryTanjaya-Bekasi.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar