Kamis, 24 Januari 2013

Video Demo Bekasi, Buruh Sabotase Tol Jakarta - Cikampek 2012

Bila difikir terkadang apa untungnya berdemo, tentunya banyak hal yang dirugikan baik dari figur yang di demo maupun sang para pendemo tersebut, terkadang tidak sedikit bagi sebagian warga yang kebetulan berada di tempat terjadinya demonstrasi menjadi korban.

Demonstrasi tersebut muncul dari akibat ketidak puasan serta ketidak keadilan dari suatu kelompok atau masyarat yang merasa haknya terdzolomi, mereka berkumpul dan mengeluarkan aspirasi serta unek-unek yang tentunya sesuai dengan etika yag berlaku. di negri ini etika berdemonstrasi di atur dalam kitab perundangan agar tidak terjadi anarkisme atau tindakan brutal yang dapat merugikan secara materil maupun fisik.

Pada januari lalu tentu kita teringak khususnya bagi warga bekasi maupun buruh yang mencari penghasilan di sekitar bekasi, terjadi demo besar yakni ketidak puasan buruh dengan menolak upah murah yang diberikan oleh pemerintah, mereka menganggap upah buruh di indonesia terlalu murah ketimbang dengan negara-negara lain khususnya disekitar indonesia.

Dalam hal ini buruh merasa terjadi monopoli antara pengusaha dengan pemerintah sehingga mengapa buruh di negri ini di bayar murah tidak sesuai dengan upah hidup layak. buruh pun berdemo, mereka meminta dinaikan upah yang signifikan dari 1,4jt menjadi 1,8 juta pada sektor 1.

Mediasi demi mediasi pun di jalani namun tidak menuai hasil, sampai-sampai pemerintah mencanangkan tripartid yakni antara pemerintah, pengusaha dan serikat buruh agar menuai kata sepakat. Namun masing-masing kubu berpegang teguh pada keyakinan masing-masing hingga kasus sampai di meja hijaukan.

 Dalam hal ini hakim memutuskan memenangakanpengusaha, bahwa pengusaha berhak mempertimbangkan kenaikan upah sesuai dengan daya mampu pengupahan perusahaan, namun buruh merasa terjadi ketidakberesan pada peradilan yang dilaksanakan di pengadilan bandung hingga buruh mengajukan banding.

Tidak hanya disitu buruh pun melakukan demo besar-besaran hingga sampai menutup akses perlintasan terpenting di negri ini yakni tol Jakarta - Cikampek, sampai-sampai sempat menghentikan proses perekonomian yang diperkirakan kerugian mecapai puluhan milyar.

presiden pun akhirnya turun tangan dan menugaskan menteri tenaga kerja untuk bergerak cepat menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

demo penutupan tol tersebut sempat terekam kamera, salah satunya adalah yang ada di postingan ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar