PELAYANAN PADA SISTEM TELEMATIKA
1. Bidang Layanan
Informasi
Penggabungan
dari telekomunikasi digital dan teknologi komputer untuk dapat memberikan
informasi dan sebagai sarana komunikasi masyarakat agar individu dapat mengolah
dan memanfaatkan informasi tersebut demi kepentingan hidup dan perkembangannya.
Contoh penggunaan layanan
telematika pada bidang informasi :
Ø Warung Telepon
Ø Warung Internet
Ø E-Commerce
Contoh layanan informasi:
Ø Informasi cuaca
Ø Hiburan dan m-commerce
Ø Informasi layanan jalan raya
2. Bidang Layanan
Keamanan
Layanan
keamanan merupakan layanan yang menyediakan keamanan informasi untuk menjaga
agar suatu data dalam jaringan tidak mudah hilang. Layanan itu sendiri terdiri
dari enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses control dan auditin.
Contoh layanan keamanan
yaitu:
Ø Navigation assistant
Ø Penggunaan Firewall dan Antivirus
Ø Panggilan darurat (rumah sakit, kepolisian)
Ø GPS, informasi keberadaan kendaraan
3. Layanan Context
Aware dan Event Base
Context awareness
adalah kemampuan sebuah sistem untuk memahami si user, network, lingkungan, dan
dengan demikian melakukan adaptasi yang dinamis sesuai kebutuhan. Dengan adanya
context aware maka user tidak perlu harus selalu memberi input yang banyak
secara eksplisit untuk membuat komputer menjalankan tugasnya.
Contoh layanan context
aware dan event base:
Ø
Layanan
diagnosis kendaraan
4. Layanan perbaikan
sumber
Yang
dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM
telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan
telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik,
dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan
masyarakat pada umumnya.
Ø
Kebutuhan SDM dilihat dari bidang ekonomi
Pengembangan telematika
ditujukan untuk peningkatan kapasitas ekonomi, berupa peningkatan
kapasitas industri produk barang dan jasa.
Ø
Kebutuhan SDM dilihat dari bidang politik
Bagaimana telematika
memberikan kontribusi pada pengembangan pelayanan publik sehingga
menghasilkan dukungan politik.
Contoh layanan perbaikan
sumber :
Ø
Layanan yellow pages (buku petunjuk)
Ø
Teknologi wireless
5.
Keuntungan telematika
a.
Manfaat internet dalam e-Business secara
nyata dapat menekan biaya transaksi dalam berbisnis dan memberikan kemudahan
dalam diversifikasi kebutuhan.
b. Manfaat internet dalam e-Goverment bisa meningkatkan
kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
c. Dalam bidang kesehatan dan juga pendidikan secara
nyata juga telah memberikan nilah tambah bagi masyarakat luas.
d.
Telematika cukup memberi warna tersendiri
dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak
muda membangun bisnis baru menggunakan teknologi Internet, maka Indonesia tak
ketinggalan dalam booming perdagangan elektronis / electronic commerce
(e-commerce).
e. Pembangunan sektor Telematika diyakini akan
memengaruhi perkembangan sektor-sektor lainnya. Sebagaimana diyakini oleh
organisasi telekomunikasi dunia, ITU, yang konsisten menyatakan bahwa dengan
asumsi semua persyaratan terpenuhi, penambahan investasi di sektor
telekomunikasi sebesar 1% akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sebesar
3%. Hipotesis ini telah terbukti kebenarannya di Jepang, Korea, Kanada,
Australia, negara-negara Eropa, Skandinavia, dan lainnya.
f.
Sebagai core bisnis industry, perdagangan,
efisensi dan peningkatan daya saing perusahaan
6.
Kerugian telematika
a. Tindakan kejahatan yang
dilakukan dengan menggunakan media internet, contohnya tindakan yang disebut
carding, adalah cyber crime dengan cara mencuri data kartu kredit dari nasabah
suatu bank, sehingga si pelaku carding (carder) dapat menggunakan data tersebut
untuk keuntungan pribadi.
b. Penyebaran virus atau malicious
ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail sebagai alat
penyebaran informasi bagi si penipu.
c. Kejahatan Telematika sebagai Kejahatan Transnasional, Contoh
kejahatan transnasional ini adalah human trafficking, penyelundupan orang,
narkotika, atau teroris internasional.
d. Kejahatan telematika merugikan individu. Misalnya lima orang hacker
(penyusup) yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400 data kartu kredit
milik orang Rusia dan orang asing yang didapat dengan menyusup pada sistem
komputer beberapa internet retailer.
e. Kejahatan telematika merugikan perusahaan atau organisasi, Pada
tahun 1995, Julio Cesar Ardita, seorang mahasiswa dari Argentina berhasil
menyusup dan mengganti (cracking) data sistem yang ada di Fakultas Arts and
Science Universitas Harvard.
f. Kejahatan telematika merugikan
Negara. Misalnya, serangan yang paling merugikan adalah pengrusakan yang
dilakukan oleh hacker asing pada situs Kementrian keuangan Romania pada tahun
1999, sehingga merugikan pemerintah Romania milyaran dollar. Serangan ini
dilakukan dengan mengganti besaran kurs mata uang Romania sehingga banyak
pembayar pajak online yang terkecoh dengan data yang telah diganti tersebut.
Hanya sayangnya, kejahatan ini tidak berlanjut ke pengadilan karena tidak
adanya hukum yang mengatur kejahatan telematika yang bersifat internasional.
7. Saran
Telematika diciptakan dan
dikembangkan manusia untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam bidang apapun.
Namun Untuk menunjang agar kemudahan layanan dari telematika ini pemerintah
harus mengembangkan jaringan akses internet yang mudah sekalipun di daerah
pelosok-pelosok desa seperti program internet masuk desa dan juga menyediakan
wifi gratis di area-area publik agar lebih mengembangkan pengetahuan yang luas
kepada masyarakat dan dapat memanfaatkan layanan yang di berikan oleh sistem
telematika ini. Akan tetapi pemerintah juga harus memikirkan dampak negative
dari layanan telematika yang telah di jabarkan dan mencarikan solusi agar
meminimalisir danpak negative tersebut, dan juga memberikan pengawasan internet
seperti pemblokiran situs-situs pornografi dan terlarang.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar